SMK NEGERI 1 SOREANG

Kp.Nyalindung No.1 Rt.02/18

.

Jasa Boga

Jum'at, 08 Desember 2017 ~ Oleh Ad ~ Dilihat 10349 Kali

 

 

Tata Boga SMKN 1 Soreang merupakan salah satu bidang keahlian yang mencetak lulusan yang siap menjadi profesional muda di bidang kuliner. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkualitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan di dunia usaha dan industri Indonesia

Tata boga adalah salah satu disiplin ilmu terkait dengan pengetahuan mengenai boga (seni mengolah masakan)  yang meliputi persiapan pengolahan sampai dengan menghidangkan makanan itu sendiri yang bersifat tradisional maupun internasional. Di indonesia disiplin ilmu ini dapat dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan di sekolah tingkat perguruan tinggi. Seseorang yang memiliki keahlian dalam tata boga dinamakan sebagai koki, juru masak, atau chef, dimana orang ini harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam ilmu pangan, nutrisi, dan diet serta memiliki kreativitas dalam mengolah dan menyiapkan hidangan yang menarik untuk dilihat. Ilmu tata boga sangat terkait dengan industri pariwisata dan perhotelan. seperti kita ketahui industri kuliner tidak pernah mati, dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang luar biasa, oleh karena itu jurusan tata boga tetap menjadi salah satu jurusan yang paling diminati, baik di tingkat SMK maupun perguruan tinggi. Lowongan pekerjaan yang tersediapun beragam, berikut ini beberapa pekerjaan yang merupakan peluang bagi lulusan tata boga SMKN 1 soreang :

  1. Asisten Koki

                Menjadi asisten koki merupakan suatu pekerjaan yang sangat cocok untuk lulusan SMK tata boga. Dengan kemampuanya di bidang kuliner, lulusan SMK tata boga tentu dapat menjadi asisten koki ang handal, bukan hanya di restaurant saja tetapi juga di hotel berbintang.

  1. waitres atau pelayan restaurant

                Salah satu mata pelajaran yang dipelajari di Tata Boga SMK adalah Tata hidang atau restaurant service. Tujuan mata pelajaran ini adalah melatih pesetra didik untuk dapat melakukan pelayanan makanan dan minuman di restaurant, sehingga lulusannya nanti dapat bekerja menjadi seorang pelayan restaurant yang handal.

  1. Juru Masak dan ahli gizi di rumah sakit

                Sama halya dengan juru masak dengan juru masak di retaurant, juru masak di rumah sakit juga bertugas menyiapkan hidangan. Hal yang membuat beda tentunya menu yang dihidangkan. Karena diberikan untuk pasien rumah sakit, tentunya menu yang diberikan berbeda dengan restaurant.

  1. Kapal Pesiar

                Salah satu pekerjaan dengan berpenghasilan luar biasa, menjadi koki di kapal pesiar. Saat ini sudah banyak lulusan SMK yang direkrut oleh kapal pesiar untuk menjadi koki di restaurant kapal persiar tersebut. SMKN 1 soreang meskipun baru memulai kerjasama dengan salah satu pelatihan untuk kapal pesiar, diharapkan ke depannya akan banyak lulusan ang tertarik untuk bekerja keliling negara dengan menjadi koki di kapal pesiar.

  1. Membuka usaha Catering

                Salah satu tujuan lulusan SMK adalah mampu membuka peluang usaha. Usaha di bidang kuliner setiap tahunnya selalu menunjukkan kemajuan yang luar biasa, salah satunya adalah usaha catering. Semakin banyak orang yang membutuhkan jasa katering untuk berbagai keperluan, ini menjadi peluang bagi para lulusan SMK tata boga untuk membuka usaha katering.

 

 Mata Pelajaran di Tata Boga

  1. Ilmu Gizi
  2. Keamanan Pangan dan sanitasi hygiene
  3. Boga Dasar
  4. Pengetahuan Bahan Makanan
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  6. Pengolahan Penyajian Makanan
  7. Tata Hidangan
  8. Produk Cake dan Kue Indonesia
  9. Pastry bakery