SMK NEGERI 1 SOREANG

Kp.Nyalindung No.1 Rt.02/18

.

Memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional 2019

Kamis, 21 Februari 2019 ~ Oleh Ad ~ Dilihat 3540 Kali

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau disingkat UNESCO menetapkan hari penting pada tanggal 21 Februari. Tak banyak orang yang tahu bahwa setiap tanggal 21 Februari besok terdapat hari penting yang dirayakan tiap tahunnya.

UNESCO menetapkan tanggal 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional. Organisasi internasional ini mengukuhkan Hari Bahasa Ibu Internasional pada tanggal 17 November 1999 silam dan telah diperingati setiap tahun sejak tahun 2000.

Bahasa ibu adalah penguasaan bahasa seorang anak dimulai dengan perolehan bahasa pertamanya (B1). Pemerolehan bahasa merupakan sebuah proses yang panjang. Dumulai anak tak bisa berbicara hingga fasih berbicara dan mulai mengenal bahasa lain (B2).

Contohnya seperti anak yang lahir di suatu daerah akan mampu berbicara bahasa daerah dari orang tuanya, lingkungan sekitar dan daerah tempat tinggalnya. Setelah itu ia akan mengenal bahasa Indonesia sebagai jenjang bahasa yang formal karena menjadi bahasa pendidikan di tingkat dasar.

Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional SMK negeri 1 Soreang mengadakan kegiatan apresiasi terhadap bahasa daerah sebagai bahasa ibu di Jawa Barat.

 

 

 

 

  1. TULISAN TERKAIT