SMK NEGERI 1 SOREANG

Kp.Nyalindung No.1 Rt.02/18

.

PAS-BK (Penilaian Akhir Sekolah-Berbasis Komputer) T.A 2017-2018

Senin, 27 Nopember 2017 ~ Oleh Ad ~ Dilihat 2923 Kali

ditujukan untuk mengukur hasil belajar siswa selama 1 semester pertama. Untuk tahun ajaran 2017-2018 ini SMK Negeri 1 Soreang mengadakan PAS dengan dual sistem yaitu, Paper Base test dan Computer Base Test.

Ini adalah tahun kedua SMK Negeri 1 Soreang mengadakan PAS dengan Berbasis Komputer (PAS-BK) namun ada yang berbeda untuk tahun ini, kurikulum bekerja sama dengan Jurusan Teknik Komputer Jaringan mengadakan PAS-BK digabung menggunakan Handphone Android. Yang menjadi dasar penggunaan komputer dan handphone ini antara lain  :

  1. Pembiasaan siswa terutama kelas XII menghadapi UNBK,
  2. Memanfaatkan Teknologi dalam pelaksanaan Ujian terutama Handphon

Melihat kondisi saat ini dimana hampir setiap siswa memiliki handphone maka tidak ada salahnya kami mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat yang digunakan saat ujian, tentunya faktor keamanan jadi faktor utama karena walaupun siswa menggunakan HP tetap tidak bisa searching atau membuka catatan di HP-nya.

Tentu saja dengan PAS-BK ini terdapat manfaat bagi semua pihak, diantaranya :

  1. Pengolahan nilai menjadi lebih cepat
  2. Terdapat transparansi dalam penilaian
  3. mengurangi beban guru dalam mengoreksi nilai
  4. pengurangan biaya penggandaan soal dibanding paper base test

Walaupun baru sekitar 80% siswa yang menggunakan HP dalam PAS-BK ini diharapkan dapat meningkat pada tahun berikutnya dan semua bisa memanfaatkan teknologi dalam pendidikan.

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT