A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/sm1srsch/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/sm1srsch/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Sejarah Singkat | SMK NEGERI 1 SOREANG

SMK NEGERI 1 SOREANG

Kp.Nyalindung No.1 Rt.02/18

.

Sejarah Singkat

Sabtu, 25 Nopember 2017 ~ Oleh Admins ~ Dilihat 4366 Kali

SMKN 1 Soreang berdiri Tahun 2009 sebagai pengembangan dari SMK Negeri 1 Katapang karena pada saat itu SMKN 1 Katapang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia menjadi salah satu sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sehingga daya tampung per Rombongan Belajar (Rombel) ditetapkan yang semula jumlah siswanya 36 per rombel menjadi 32 orang siswa per rombelnya.

Setelah membuat Analisis SWOT, maka kepala SMKN 1 Katapang, Drs. Carma Rahmat mengadakan rapat staf untuk menyikapi perlu tidaknya membuaka SMKN 1 Soreang yang merupakan filial SMKN 1 Katapang Kabupaten Bandung. Hasil rapat memutuskan bahwa untuk menananpung calon peserta didik baru yang tidak tertampung di SMKN1 Katapang perlu dengan segera mengajukan permohonan membuka SMK Negeri 1 Soreang filial SMKN 1 Katapang ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung melalui Kabid SMA/SMK Kabupaten Bandung. TahunPelajaran2009/2010SMKN1Soreangmulai menerima peserta dididk baru untuk lima Program keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, Teknik Elektronika Industri, Teknik Pencelupan Tekstil dan Teknik Komputer dan Jaringanmenempati masing-masing 1 rombel dengan jumlah peserta didik yang diterima 180 0rang . Untuk pelaksanaan proses pembelajaran Normatif, Adaftif dan Produktif menggunakan sarana dan prasarana SMKN 1 Katapang dan pelaksanaan pembelajarannya disiang hari mulai pukul 14.00 s.d 19.30 begitupun pendidik dan tenaga kependidikannya sebagian besar dari SMKN 1 Katapang, yang berlokasi di Jalan Ceuri Terusan Kopo KM13,5  Desa Katapang, Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. 

Tahun Pelajaran 2010/2011 SMKN 1 Soreang memiliki Plt Kepala Sekolah setelah adanya rotasi pelantikan kepala sekolah dari Drs. Carma Rahmat kepada Asep Rusmana,SPd dan sejalan dengan itu pada tanggal 1 Juli 2010, Dinas pendidikan dan kebudayaan melalui Kabid SMA/SMK (Drs. H. Agus Firman Zaini,Msi) menetapkan Surat Keputusan Kepala SMKN 1 Soreang yaitu Plt. Kepala, Asep Rusmana,S.Pd dan Plh. Kepala Ayi Rohmat Sumirat,S.Pd Tahun Pelajaran 2011/2012 SMKN 1 Soreang menempati dua lokasi untuk mata pelajaran Normatif dan Adaftif proses pembelajaran dilakasanakan di bekas gedung SMK YTB Katapang tidak cukup dikarenakan ruangan belajar di SMKN 1 yang lokasinya tidak jauh dari SMKN 1 Katapang dan untuk pelaksanaan pelajaran Produktifnya dilaksankan sampai sekarang di Bengkel SMKN 1 Katapang Tahun Pelajaran 2012/2013 SMKN1 Soreang menerima peserta didik untuk Program Keahlian Akomodasi Perhotelan sebanyak 72 peserta didik (2 rombel) untuk menggantikan Program Keahlian Teknik Pencelupan Tekstil dan seiring dengan bergulirnya waktu pada akhir tahun 2012, Pemda Kabupaten Bandung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membebaskan tanah dan menetapkan Lokasi Unit Sekolah Baru (USB) SMKN 1 Soreang untuk diajukan mendapat Bantuan dari Dirjen PSMK Kementrian Pendidikan Nasional. 

Setelah diverifikasi proposal tersebut di tolak karena syarat pendidrian SMK Negeri minimal sudah memiliki luas tanah 15.000 M2 dan tanahnya harus sudah sertifikat. Dengan perjuangan panjang dan sungguh-sungguh sambil menanti kebijakan Bapak Bupati Kabupaten Bandung melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta semua pihak yang terkait maka Alhamdullilah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung berhasil membebaskan tanah seluas 15.000m2 dan proposal bantuan tahap 1 untuk 4 Ruang Belajar dan 1 Ruang Praktek Siswa dari APBN dan 1 Rauang Kantor dari APBD Kab. Bandung disetujui sehingga pada Akhir tahun 2012 SMKN 1 Soreang mulai membangun Sarana (4 RKB,1 Bengkel Pemesinan dan 1 Ruang Kantor). SMKN 1 Soreang baru memiliki lokasi dan gedung setelah mengeluarkan lulusan 3 kalai angkatan dan sampai sekarang gedung tersebut belum memenuhi untuk memberikan standarpelayanan minimal terhadap peserta didik karena dari 20 robel yang dibutuhkan baru 4 robel yang ada, dari 5 bengkel yang dibutuhkan baru 1 yang sudah ada dengan 1 ruang kator dan sama sekalai belum mendapatkan bantuan peraralatn untuk alat praktek ke 5 Program Keahlian tersebut. Tahun pelajaran 2014/2015 SMKN 1 Soreang tepatnya bulan Agustus 2014.

Kegiatan manajemen SMKN 1 Soreang dan pelaksanaan KBM untuk mata pelajaran Normati dan Adaftif serta program Kejuruan Akomodasi Perhotelan pindah ke Gedung Baru yang beralamat di jalan Nyalindung No.1 RT.02/RW.18 Ds/Kec. Soreang Kabupaten Bandung walaupun sebagaian masih menggunakan lokasi bekas SMK YTB karena kontraknya selesai sampai April 2014 kecuali pelajaran produktif untuk program keahlian TKR, PEMESINAN, ELEKTRONIKA INDUSTRI DAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN sampai sekarang masih menggunakan Sarana dan Prasarana SMKN 1 Katapang yang diperkuat dengan ditetapkannya Surat Memoramdum Of Outstanding (MoU) antara SMKN 1 Katapang dan SMKN 1 Soreang. 

Tahun Pelajaran 2014/ 2015 SMKN 1 Soreang juga memiliki Kepala Sekolah dengan ditetapkannya Plh. Kepala SMKN 1 Soreang menjadi Kepala Sekolah definif dan pelantikannya dilaksanakan pada akhir bulan September oleh Bapak Bupati Kabupaten Bandung. Selama perjalanan 5 tahun SMKN 1 Soreang walaupun belum memiliki sarana dan prasarana yang lengkap tetapi sudah banyak mendapatkan medeli dari hasil prestasi para peserta didiknya mulai dari LKS tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional dan dari ekstrakurikuler Pramuka, Paskibra, Taewondo dan lain sebagainya. Begitupun seluruh alaumninya dari ketiga angkatan sudaha terserap di dunia usaha/industry dan diperusahaan baik ditingkat regional, nasional maupun internasional dengan rata prosentase 78 %, sisanya melanjutkan ke PTN/S dan Wirausaha ini dibuktikan dengan hasil data penelusuran tamatan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 1 Soreang . 

 

Berita Pengumuman Sekilas-info